Jangan Mengeluh

Judul lengkap artikel ini sebenarnya ‘Jangan Mengeluh, Setiap Orang Juga Punya Masalah Masing-Masing’, tapi karena takut kepanjangan dan terdengar menggurui maka akhirnya disingkat saja :D.

Jangan mengeluh kawan, hidup ini memang penuh perjuangan dan perjuangan memang akan terasa berat bila belum sampai ke tujuan. Teringat waktu dulu masih aktif jadi pencinta (atau pecinta ya?) alam, waktu melakukan hiking di suatu gunung seorang senior berkata : ‘Jangan bilang capek, gunung akan mendengarnya dan kamu akan dianggap menghina’, karena waktu itu masih yunior ya kita terima saja kata-katanya.

Setelah ditelaah lebih lanjut di usia yang bertambah tua ini, ternyata itu semua berkaitan dengan sugesti atau self hypnotized

Bila anda dihadapkan dengan suatu pekerjaan yang sulit dan kemudian mulai mengeluh, apa yang anda rasakan? pekerjaan akan semakin berasa sulit dan berat (paling tidak itu yang saya rasakan). Demikian juga yang dirasakan pada saat hiking, bila anda mulai berkata capek maka ransel yang ada di punggung akan semakin berasa berat, kaki akan semakin berat untuk diangkat dan sebagainya dan sebagainya, hasil akhirnya akan jelas: anda tidak akan sampai ke puncak gunung tujuan anda.

Itu semua adalah karena anda men-sugesti diri anda, kata-kata anda akan diterima oleh otak dan otak akan mengolah dan meneruskannya ke otot.

Jangan mengeluh sobat, sesulit apapun keadaan anda karena anda tidak sendirian. Tidak seorangpun di dunia ini yang tidak mempunyai masalah, tidak seorangpun yang tidak punya kesulitan. Apa yang akan anda lakukan dengan masalah itu? itulah pilihan hidup anda! Bisa menyerah dengan terus mengeluh bahwa anda tidak bisa menyelesaikan masalah anda atau teriakkan ke otak anda bahwa anda mampu dan bisa! Percayalah bahwa ini hanyalah sebuah permainan kata-kata saja, semakin sering keluhan keluar dari mulut anda akan semakin berasa sulit menghadapi apa yang anda keluhkan.

Jangan mengeluh saudaraku, karena itu menjengkelkan untuk selalu mendengarnya. Kalau keluhan sering keluar dalam pembicaraan kita semula memang akan mendatangkan simpati tapi bila keseringan…maaf, anda menjadi orang yang menjengkelkan. Sadarlah bahwa bukan cuma anda yang mempunyai masalah. Bandingkan dengan mengatakan sesuatu yang bersemangat maka orang lain akan senang mendengarnya, bila sudah berhasil membuat orang lain tertular dengan semangat anda itu akan mengangkat sebagian kesulitan anda juga. Kesulitan dan masalah tidak akan selesai dengan mengeluh.

Bisikkan atau teriakkan ke otak kita bahwa kita mampu melewati setiap kesulitan!
GANBATTE!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s