Pencarian Doa Kesabaran

Banyak kejadian di tempat cari nafkah hari ini yang menyebabkan darah mendidih sampai ke ubun-ubun, ada saja yang hendak menyulut emosi dan bila dituruti pasti akan meledak sejadi-jadinya. Untunglah masih bisa menahan diri. “Kalau masih bisa emosi berarti masih termasuk golongan manusia” begitu kata seorang tetua…hahahah ada-ada aja nih.

Satu hal yang kebetulan bisa menjadi rem buat emosi yang melanda adalah hati ini ulang tahun istri tercinta!! Dengan niatan tidak mau merusak suasana bahagia maka segenap kekuatan dikerahkan untuk mengerem si emosi. Tapi emang dasar nasib, 5 menit sebelum bisa pulang ke rumah masih ada saja yang menambah nggak enak perasaan. Membuat mood yang udah hampir kembali lempeng berbelok lagi hampir 180 derajat, untungnya saved by the bell…rasa sebal, marah, kheki dan saudara-saudaranya bisa dibelokkan dengan suasana di luar 4 sisi tembok yang seharian mengungkung bagaikan penjara Bastille (kayak yang pernah ngerasain aja…).

Masih untung lagi, dijalanan kebetulan berasa lapang tidak seperti biasanya, hanya sedikit tersendat di lampu merah yang kenapa pula ada di situ??

Sabar…sabar…sabar, hanya itu yang terus bergema di hati, jangan sampai anak semata wayang dan istri tercinta yang nggak tahu apa-apa jadi sasaran tembak. Kasihan mereka. Dengan sedikit aneh, bisalah tetap menjaga suasana dengan bercanda dengan buah hati dan menjaga perasaan istri.

Tapi rasa nyesek di dada belum juga kelar…daripada daripada mendingan browsing aja deh di mbah Google nyari sesuatu penenang hati. Nah! dapat juga akhirnya… Mau?? Ini saya bagi dibawah….

Memohon Kesabaran
Allâhumma innâ na‘ûdzu bika minal hammi wal hazan, wa na‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa na‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl, wa na‘ûdzu bika min ghalabatid dayni wa qahrir rijâl. Allâhumma afrigh ‘alaynâ shabran wa tawaffanâ muslimîn. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ik, wa shabbirnî ‘alâ balâ’ik, wa awzi‘nî syukra na‘mâ’ik.
Artinya:

Ya Allah kami berlindung kepada-Mu dari keresahan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari rasa takut dan kikir. Kami berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan tekanan manusia. Ya Allah limpahkanlah dalam kalbu kami aneka kesabaran menghadapi aneka cobaan. Ya Allah, jadikanlah kami rela dengan ketetapan-Mu, sabar memikul ujian-Mu, dan ilhamilah kami kemampuan mensyukuri nikmat-Mu.

diambil dari sini

mari cari lagi…

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ

إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ

أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh menakjubkan urusan orang beriman! Sesungguhnya semua urusannya baik. Dan yang demikian tidak dapat dirasakan oleh siapapun selain orang beriman. Jika ia memperoleh kebahagiaan, maka ia bersyukur. Bersyukur itu baik baginya. Dan jika ia ditimpa mudharat, maka ia bersabar. Dan bersabar itu baik baginya.” (HR Muslim 5318)

diambil dari sini

lagi…

dan masih banyak lagi…

Subhanallah…!

Ternyata banyak doa-doa yang bisa menentramkan hati bisa diambil di internet, daripada terkubur oleh emosi mendingan saya mencari dan belajar doa-doa itu. Dan akhirnya saya bisa berbagi bukan pembaca yang kebetulan mencari sesuatu untuk menenangkan hati dan tersesat di blog ini :D. Dengan sedikit berbagi apa yang kita tahu ternyata bisa juga melapangkan dada yang sesak ini.

Inilah hidup sobat, hidup yang terkadang naik terkadang turun…terkadang bahagia terkadang sedih. Tetap ingatlah pada sesuatu yang bisa menentramkan kembali hati kita, apakah itu??? Tuhan mu dan keluarga yang engkau cintai.

GANBATTE!!

Advertisements

4 thoughts on “Pencarian Doa Kesabaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s