Blogwalking – suatu proses belajar…

Semakin banyak saya membaca ternyata semakin menyadari kalau pengetahuan saya ternyata masih sangat sangat terbatas. Sebagai orang yang baru belajar membangun sebuah blog masih banyak yang harus saya pelajari bagaimana caranya menjadi blogger dan penulis yang baik. Yang paling gampang tentu banyak bertanya, terima kasih saya ucapkan sebesar-besarnya kepada teman saya pemilik Blog Penghasil Uang, makasih ya mas…yang udah sampai bosen kali saya tanya-tanya mulu heheheh, mudah-mudahan sih gak bosen ya…(lemah teles…Gusti Allah ingkang mbales…).

Selain itu banyak-banyak membaca blog-blog yang lain atau istilahnya blogwalking penting sekali dilakukan ternyata, karena dari blog walking inilah banyak sekali ilmu-ilmu yang kita dapatkan. Membaca tulisan-tulisan para senior, mengenali gaya bahasa dan tulisan, melihat konsep blog dan konten-konten mereka…hufff ternyata blog saya masih jauh dan tidak ada apa-apanya. Ada yang udah bertahun-tahun ngeblog dan masih setia menulis sampai sekarang. Salut!!.Bahkan ada yang menang di kompetisi blog baik lokal, nasional maupun internasional….bikin tambah mupeng aja…

Selain itu blogwalking juga saya manfaatkan untuk memperkenalkan diri sekaligus blog saya yang baru lahir (ini juga ilmu dari para senior), dengan harapan menambah banyak kenalan untuk tempat saya belajar lebih banyak lagi dan yang lebih penting adalah nitip link blog saya ke blog-blog yang lebih rame pengunjungnya :)). Tujuannya tidak lain supaya blog saya lebih dikenal dan banyak yang mampir dan membaca postingan saya sekalian nulis komen atau tukeran link kalo berkenan. Tidak lupa untuk bergabung dengan komunitas-komunitas blogger yang ada, salah satu yang sudah saya ikuti adalah Komunitas Blogger Bekasi.

Gambar diambil dari sini

Hufff…semua butuh proses dan proses butuh waktu, yang terpenting bagi saya sekarang adalah konsistensi dan menjaga semangat untuk menulis itu tetap ada. Jangan terlalu membara…takut terbakar sendiri nanti heheheh, karena biasanya kalo pas lagi baru dan masih semangat akan terus memikirkan hal itu tapi itu tidak berlangsung lama. Lebih baik tetap menyala walau kecil tapi tahan lama, bukan begitu??

Setelah  beberapa postingan kembali saya merefleksi diri, apa tujuan saya ngeblog ? Sekedar menulis? pengin berbagi pengalaman atau money blogging? (Megenai macam-macam tujuan dan jenis blog silakan cari di om gugel :D). Saya pikir tujuan ini penting bagi saya karena akan menyangkut isi dari tulisan-tulisan berikutnya, karena setelah merenung sekian lama dan mendapat masukan dari beberapa blog yang saya baca akhirnya diambil kesimpulan biarlah blog saya ini berjalan dulu apa adanya untuk sementara sampai menemukan bentuknya sendiri. Yang terpenting adalah tetap posting dengan rutin dengan isi yang sesuai etika, seperti motto para blogger “bebas bertanggung jawab” (bener kan senior ???).

Kembali ke masalah blogwalking, yang saya takutkan dari “penjelahan” ini  adalah terkontaminasi dengan gaya menulis dan gaya bahasa para senior karena sebagai blogger baru pasti belum menemukan gaya saya sendiri. Okelah karena ini proses yang harus saya jalani mau tidak mau ya harus mau… Dengan prinsip selama tidak menjiplak hasil karya orang lain proses ini tetap harus dijalani untuk perbaikan blog saya.

Tiada gading yang tak retak, tiada yang pintar tanpa belajar.
GANBATTE !!

4 thoughts on “Blogwalking – suatu proses belajar…

  1. waduw jadi malu ah mas, Tapi jujur mas, kayak kayakna kalo dari tulisannya gak percaya kalau masi blogger pemula, abis tulisannya bisa membawa pembaca mengalir mengikuti apa yang mas ceritakan :Ddan juga bisa membuat pembaca untuk berpikir:D

Leave a Reply

